Matematika realistik yang dimaksudkan
dalam hal ini adalah matematika sekolah yang dilaksanakan dengan menemaptkan
realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Masalah-masalah
realistik digunakan sebagai sumber munculnya konsep-konsep matematika atau
pengetahuan matematika formal. Pembelajaran matematika realistik di kelas
berorientasi pada karakteristik RME, sehingga siswa mempunyai kesempatan untuk
menemukan kembali konsep-konsep matematika. Dan siswa diberi kesempatan untuk
mengaplikasikan konsep-konsep matematika untuk memecahkan masalah sehari-hari. Penemu RME adalah Freudhenthal
Institue di Belanda sejak tahun 1970. Teori ini mengacu pada pendapat
Freudental yang mengatakan bahwa matematika harus dikaitkan dengan realita dan
aktivitas manusia.
Karakteristik RME menggunakan: konteks “dunia nyata”,
model-model, produksi dan kontruksi siswa, interaktif dan keterkaitan.
Untuk lebih lengkapnya silakan klik link dibawah ini:
0 komentar:
Posting Komentar